Nikah bag 2

Pembicaraan mengenai nikah memang menarik, apalagi bagi mereka yang tidak pacaran, wah semangat banget. Bagiku nikah itu tujuannya selain utnuk menentramkan kita, juga agar bisa dakwah secara bersama-sama. Bukan lagi istri mendakwahkan suami atau sebaliknya, tetapi diharapkan keluarga bisa menjadi contoh untuk masyarakat dan bersama-sama dakwah ke masyarakat.

Pagi ini iseng buka twitter, ternyata ada TL tentang nikah, berikut cuplikan yang menurutku lumayan bagus yang selanjutnya aku akan memulai membuat rencana untuk kehidupan selanjutnya, yang di tunda-tunda, padahalkan hidup ini tak pernah ada kata penundaan ya.. hehe

Ini nih TL nya, karya Ridwansyah yusuf Achmad (@udayusuf)

Nikah itu komitmen. Menerima secara total. Apa adanya. Bicara cinta itu bukan ttg bunga sms romantis atau telepon kejutan. Cinta itu menanggung hidup secara menyeluruh. Sekeren keren nya akhir masa jomblo adalah mengkhitbah. Nikah itu bukan ttg gombalan. Tp komitmen hidup bersama. Tdk ada rumusnya makin lama pacaran makin awet pernikahannya. Kita hidup pd masa dmn gaya hidup mengaburkan agama. Skrg klo ditanya sama keluarga “udah punya pacar blm?” gmn jwbnya donk?

Ekspresi cinta yg romantis adalah ketika bisa ekspresi scara total. Mekanisme pernikahan membuka kesempatan itu. Halal berkah ibadah.

Tatapan suami istri penuh cinta bisa gugurkan dosa. Tatapan sepasang insan blm nikah bisa menimbun dosa. Mau yg mana ? Memandang kawan jenis jgn pakai nafsu yg mendominasi. Ia adalah pasanganmu. Tatap penuh cinta. Mulai dr khitbah berkah. Nikah yg mulia. Kalau kamu udah yakin sama seseorang segera segera saja ijab kabul. Jgn jadikan alasan biaya sbg penunda nikah. Ijab kabul ga sampe 100rb. Kalau memungkinkan. Nikah saat masih kuliah atau gak lama stlh lulus. Di kampus pilihan lbh banyak🙂 banyak yg udah kita kenal juga.

Nikah itu ibadah. Gak mungkin Allah mempersulit umatnya yg mau ibadah. Kita aja yg sombong sok pengen kenal dulu dgn kedok pacaran. Kalo udah nikah ga perlu lagi segan makan bareng, suap suapan kalo perlu.Kencan di bisokop.Bonceng motor sambil dipeluk erat.Romantis bener. Waktu msh single saya pulang abis aktivitas cuma disambut kamar yg kosong gersang. Skrg ? Disambut senyum penuh cinta yg mententramkan.

Kamu suka dia ? Ok gini proses nya. Pertama mantabkan niatmu. Yakinkan ke Allah kalau dia memang yg terbaik buat hidupmu. Cari tau dia dr profil. Tanya teman nya. Atau kelompk aktivitasnya. Atau gurunya. Cari tau secara umum. Sesuaikah? Kalo udah tau garis besarnya. Dan hati kamu udah dag dig dug tiap liat dia. Segera temui orang tuanya. Samperin. Bawa seluruh cintamu. Kenalkan siapa dirimu. Utarakan cintamu pada anak nya. Sampaikan kesiapan mu tuk menanggung hidup anak nya. Katakan dgn mantab! Insya Allah dimudahkan. Semoga hati ortu calon kamu luluh. Yakinkan.mereka kalau kamu adalah masa depan putrinya.

Apa ya alasan biasanya orang orang menunda nikah ? Padahal dgn nikah kita sempurnakan agama kita. Alasan selalu hadir. Banyak was was dan khawatir. Seakan akan ga percaya pertolongan Allah dan kemampuan diri sendiri. Keuangan. Izin keluarga. Masih pengen bebas. Blm yakin. Blm dewasa. Ngejar karir. Hmmm ya banyak sih kalo dicari alasan. Tapi coba kita balikan. Temukan satu aja alasan knp kamu harus nikah segera ? Ada ga ?

Jawaban oportunisnya sih kalo saya : dgn nikah saya bisa kapitalisasi pahala dan ibadah. Sederhana aja. Tp langsung jd prioritas hidup. Kalau Allah jd alasan kita nikah. Kemudahan akan menyertai. Alasan calon blm ada mmg agak membingungkan. Tp masa sih?

Logika nya kita balik. Kamu mau nikah kapan? Maka pada titik itu keuangan kamu hrs oke, akhlak lbh baik dll. Mulai dr akhir. Dulu saya gitu. Target nikah maksimal setahun setelah lulus. Selama itu bangun kapasitas diri. Bikin rencana cash flow. Banyak tobat. Prinsipnya kan kita tingkatkan kapasitas kita agar Allah nilai layak menjadi pasangan bagi seseorang. Allah adil dan maha pengasih kok🙂

Bikin target kapan akan nikah. Kalo ga ada target waktu. Bisa molor tuh waktu nikah. Krn manusia seringkali ragu utk melangkah. Emang kamu pengen kamu udah punya apa dulu baru kamu nikah ? Duit satu miliar ? Apa ? Rumah ? Mau sampe kapan menunda ibadah nikah ? Saat punya uang sejuta kita pengen dua juta. Punya ini.pengen itu. Gak akan selesai. Ragu melangkah. Finansial itu masalah pola berpikir aja.

Hakekatnya sbg muslim terutama. Cinta itu komitmen hidup. Ikrar sumpah janji utk saling menguatkan dan mengokohkan. Cinta itu punya konsekuensi, yaitu nikah. Kalo blm berani nangung konsekuensinya. Jgn bermain cinta. Perih bekasnya kawan.

Kita bukan bicara ttg nikah muda. Tp ttg segerakan nikah bila kamu sdh dewasa. Apalagi buat kamu yg uda berani bermain cinta. Tentang rizqi. Janji Allah selalu benar adanya.Waktu nikah penghasilan saya masih kurang dr UMR jakarta. alhamdulillah skrg bertambah banyak. Menikah itu learning by doing. Gak ada rumus nya gmn nikah bisa sukses. Percaya sama petunjuk Allah. Allah yg bimbing. Bahagiakan orang tua ? Knp pasangan hidup hrs dipisahkan dr keluarga. Dia kan akan jd keluarga juga.

Seru kalo kenalan sama pasangan setelah nikah. Banyak romantisnya. Krn dlm bingkai halal. Jd ga perlu ragu. Perbedaan selalu ada. Tp kita dididik utk bisa sabar dan dewasa. Menyikapi perbedaan.

Cari pasangan juga harus sebaik mungkin. Yg sholeh. Abis nikah kita kan pengen bangun rumah di dunia dan istana di surga. Agama itu tiangnya kehidupan. Panduan hidup dan mati. Cari yg agama nya baik. Bisa bersama membangun masa depan. Pemikiran jg hrs selaras. Saya aktivis. Nyari istri yg tangguh yg aktivis juga. Biar nyambung. Saya islam. Jd cari pasangan yg islam juga. Konsep berpikir islam nya juga senada. Jd harmonis dlm ibadah. Kesamaan visi dan landasan hidup dan pernikahan adalah hal urgen yg perlu diketahui. Bukan cari tau ttg fisik dll. Itu belakangan.

Nikah itu adalah cara Allah utk mendidik umatnya agar lbh dekat dgn Allah. Lbih ikhtiar dan tawakal. Doa lbh khusuk. Kuingin mencintai selama nya . Sebenar benar arti cinta. Dalam doa dan ikatan suci krn Allah.

Mencari pasangan jg pertimbangkan bahwa ia akan jd ayah/ibu bagi anak anakmu. Apakah dia pantas dan siap? Cantik tp blm ngerti agama ? Mau di didik pake cara apa anak kamu nanti. Al Quran adalah panduan terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s