Nasehat untuk Diri Sendiri

Tausiyah yang diberikan, begitu sampai ke hati. Yah, mungkin memang begitulah seharusnya seorang da’i, harus menjaga ruhiyahnya. 

Pertanyaan yang sering muncul saat evaluasi mentoring adalah, kenapa banyak para mentor yang kurang semangat? Kenapa banyak kelompok yang kemudian tidak aktif? Atau kenapa banyak binaan yang muwasofatnya tidak sesuai dengan yang diharapakan? 

Sebelum kita jauh-jauh menyalahkan sistem yang salah, yuk kita tengok kembali diri kita. Jika kita seorang mentor/murabbi/Aktifis dakwah, adakah kita tetap menjaga amalan harian kita? Bagaimana QL kita? Bagaimana duha kita? Bagaimana shaum sunnah kita? Al ma’tsurat kita? Seorang kakak pernah berkata, Aktifis ko masih baca Al ma’tsurat sughra (jlebb). Sudah berapa tahun kita liqo, lalu apakah hafalan kita bertambah atau justru stagnan? Lalu, tilawah kita bagaimana? Dalam 1 minggu, berapa halaman kita membaca buku? Apa bedanya kita dengan teman2 yang belum liqo, jika kita tidak memperhatikan itu semua? 

Jika ruhiah seorang da’i terjaga, tak ada lagi keluhan. Tak ada lagi sakit hati. Ada atau tidaknya kita dalam barisan dakwah, dakwah ini akan tetap berjalan. Istilahnya kasarnya kalau menurut seorang kakak, lo mau berhenti/keluar, keluar aja, silahkan. Toh pasti akan ada yang menggantikan. 

Dakwah, walaupun digerakan oleh sedikit orang, jika orang2 tersebut luar biasa, semangatnya terjaga, ruhiahnya terjaga, maka akan berjalan dengan baik dan tak ada keluh kesah. Tetapi jika dakwah dipegang oleh banyak orang tapi orang2 tersebut acuh terhadap amalan hariannya, tidak bisa menjaga ruhiahnya, maka keluh kesah akan sering keluar dari mulut, merasa berat menghadapi segala rintangan. 

Selamat berjuang teman-teman. Ingatlah, ketika keluhan sering keluar dari mulut ini, dakwah seolah tidak membuahkan hasil, yuk tengok kembali bagaimana diri kita. 

Nasehat untuk diri sendiri..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s