Istiqomah

Ada pertemuan pasti ada perpisahan. Ya, perpisahan kata itulah yang menjadi tema liqo ahad kemarin. Bukan perpisahan yang tidak akan bertemu lagi, tetapi karena perpindahan kelompok halaqah. Bukan itu yang akan menjadi pembahasan kali ini, tetapi perkataan seorang teman yang membuat saya berfikir lebih mendalam lagi.

Saat sang murabbiah memberikan kesempatan kepada salah seorang teman untuk berpendapat atau menyampaikan hal yang ingin disampaikan, salah satu perkataannya adalah “subhanallah sampai saat ini masih tetap istiqomah, walau pun jarak dari rumah jauh”. satu kata yang saya garis bawahi, istiqomah. 

Saya juga berfikir, kenapa saya masih istiqomah? padahalkan dengan alasan yang banyak, bisa saja saya mengundurkan diri, tidak ikut lagi dalam barisan.

itulah salah satu ni’mat Allah yang diberikan kepada hambaNYa. Bukan karena saya kuat, lalu saya tetap istiqomah. Bukan karena saya tidak merasakan lelah, bukan pula saya tidak pernah merasakan sakit hati. Sebagai manusia biasa, saya pun merasakan lelah, terkadang ada sakit hati, perasaan ingin mundur, dan merasa berjalan tertatih untuk terus berada dalam barisan. Kalau bukan karena kekuatan dari Sang Maha Pencipta, tentu saya sudah meninggalkan jalan ini. Oleh karena itu, banyak-banyak bersyukur pada Allah, karena itu adalah ni’mat yang sangat luar biasa yang tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Istiqomah memang tidak mudah, tetapi masa kita mau menyerah…

keep fighting, tetap semangat dan tetap istiqomah. Mohonlah, berdoalah pada Allah agar kita senantiasa istiqomah di jalanNya.

One thought on “Istiqomah

Leave a Reply

