Orientasi Diri

Oleh : Ust Anwar Anshori Mahdum

Ibadah adalah alasan Allah menciptakan manusia, dan karena memang untuk itulah kita hidup dan dihidupkan. Kita hidup, bukanlah sekedar hidup tetapi harus mentaati aturan Sang Maha Hidup, Dialah Allah. Bahkan ibadah adalah inti hidup. Orang yang tidak punya orientasi ibadah dalam hidup, seperti orang yang melakukan perjalanan tanpa tujuan, hampa. Bermujahadahlah, bersungguh-sungguhlah dalam melaksanakan ketaatan, dalam rangka menjemput keridhoaan Allah. Hingga akhirnya ketaatan merupakan kebiasaan. Bukan sebuah beban yang memberatkan.

Sa’id Musfar Al KhotonI mengatakan, “Mujahadah berarti mencurahkan segenap usaha dan kemampuan dalam mempergunakan potensi diri untuk taat kepada Allah, dan apa-apa yang bermanfaat bagi diri, saat sekarang dan nanti dan mencegah apa-apa yang membahayakannya.”

Allah dalam surat Al Ankabut berfirman,

“Dan orang-orang yang berjihad untuk mencari keridhoaan Kami, benar-benar akan Kami tunjukan kepada mereka jalan-jalan Kami, dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.”

Bangkitnya seseorang dari kelemahan kepada semangat, dari maksiat kepada taat, dari kebodohan kepada ilmu dan dari keraguan kepada yakin, adalah ciri dari orang-orang yang bermujahadah. Ia selalu ingin mengoptimalkan nilai-nilai kebenaran dalam setiap gerak kehidupan. Insya Allah dengan konsep mu’ahadah, bersungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan yang senantiasa diorientasikan demi Allah karena Allah dan untuk Allah, maka keistiqomahan akan senantiasa menjadi bagian kehidupan yang selalu menyertai kita setiap waktu, Insya Allah. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s